Live Stream Like a Pro : 7 Tips Meningkatkan Engagement Melalui Live Stream

Live Stream Like a Pro : 7 Tips Meningkatkan Engagement Melalui Live Stream

Boomingnya penggunaan internet dalam berbagai aspek telah mendorong dunia marketing untuk melakukan teknik pemasaran secara digital, seperti melalui media sosial. Teknik marketing yang bisa dilakukan melalui media sosial juga bervariasi, namun salah satu teknik yang bisa dibilang cukup unik adalah dengan menggunakan fitur live stream. Fitur ini memiliki beberapa manfaat yang membuat live stream menjadi kunci penting dalam meningkatkan engagement pada akun anda. Bagaimana cara meningkatkan engagement melalui live stream?

  1. Promosikan live stream anda

Dengan memberitahukan followers anda mengenai jadwal live stream dapat meningkatkan jumlah penonton. Memberikan countdown melalui media sosial yang lain juga dapat mengingatkan atau membangun rasa penasaran pada followers anda. Fitur countdown pada Youtube juga menawarkan reminder bagi penonton yang juga bisa dimanfaatkan agar penonton mendapatkan notifikasi ketika live stream sudah dimulai.

  1. Tema konten sesuai dengan situasi

Salah satu cara untuk menarik perhatian penonton adalah konten yang sesuai dengan situasi sekitar, misalkan sesi bukber bersama disaat bulan ramadhan. Konten yang bersifat mendesak atau memiliki batas waktu dapat mendorong penonton ingin melihat konten itu sekarang juga. 

  1. Kolaborasi dengan orang lain

Mengajak teman atau pakar dari bidang yang akan menjadi tema utama live stream anda akan sangat membantu menarik perhatian para penonton. Hal ini juga memberikan keuntungan bagi kedua pihak karena perusahaan anda menjadi dikenal followers tamu anda dan juga sebaliknya.

  1. Pastikan konteks tetap jelas

Keunikan dari fitur live stream adalah penonton bisa masuk atau keluar dari live stream kapan saja. Jika penonton tidak mengikuti live stream dari awal maka ada kemungkinan mereka tidak mengetahui konteks yang sedang dibicarakan. Sebuah penanda seperti tulisan atau gambar yang menandakan siapa yang sedang berbicara dan mengenai apa bisa mempermudah penonton untuk memahami konteks yang sedang dibahas.

  1. Jangan lupa berinteraksi dengan penonton

Keunggulan dari live stream adalah penonton dapat berinteraksi secara langsung dengan anda. Manfaatkan fitur ini untuk berkomunikasi dengan penonton anda dan pastikan mereka merasa didengar.

  1. Siapkan alur acara

Walaupun live stream bersifat spontan, ada baiknya jika beberapa poin penting yang ingin dibahas sudah tercatat untuk memastikan pembicaraan tidak keluar dari tema live stream.

  1. Optimalkan kualitas live stream anda

Live stream dengan suara yang tidak stabil atau ruangan yang gelap dapat mengurangi minat penonton untuk terus menonton hingga akhir. Oleh karena itu pastikan penonton dapat melihat dan mendengar anda dengan jelas sebelum memulai live stream.

Hampir semua media sosial yang populer sudah menyediakan fitur live stream, seperti Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, LinkedIn, dsb. Selain itu cara memulai live stream juga sangat mudah hingga semua orang bisa melakukannya. Hanya dengan menggunakan hp saja, anda bisa memulai live stream Instagram. Ayo coba gunakan tips ini untuk memulai live stream anda dan lihat hasilnya. Apakah tips ini efektif? Beri komentar mengenai pengalaman live stream anda!

Sumber: Hootsuite

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *