Sistem Pembayaran pada E-Learning

Teknologi berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Teknologi ini berkembang untuk mempermudah kebutuhan dan kenyaman manusia. Karena itu, teknologi juga mempengaruhi gaya hidup manusia, termasuk dalam bidang transaksi keuangan. Dulunya manusia melakukan transaksi dengan cara barter yang kemudian berkembang dengan menggunakan mata uang dan dengan adanya teknologi sistem pembayaran pun ikut berkembang.

Di masa sekarang banyak orang lebih memilih melakukan pembayaran atau transaksi secara online. Mengapa begitu? Pembayaran atau transaksi secara online relatif lebih mudah, cepat, dan dapat dilakukan di mana pun. Oleh sebab itu tidak heran banyak orang sangat suka melakukan pembayaran atau transaksi secara online. Untuk mempermudah tansaksi, pembayaran online juga tersedia pada platfrom E-learning. Tapi apa saja keuntungan dari menggunakan pembayaran online? 

Keuntungan Sistem Pembayaran Online 

Sistem pembayaran online pada platform E-Learning tidak jauh beda dengan sistem pembayaran online pada umumnya. Secara umum Sistem pembayaran online memiliki keuntungan seperti berikut:

  1. Dapat melakukan transaksi dan pembayaran dalam waktu yang lebih cepat dan efektif dibandingkan transaksi offline atau pergi langsung ke tempat belanja tersebut
  2. Banyak opsi metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai keinginan.Contohnya seperti Dana, OVO, M-Banking ataupun Go-Pay
  3. Transaksi aman dengan sistem keamanan yang setiap harinya dikembangkan oleh penyedia layanan, untuk memastikan pembayaran seseorang terbebas dari tindakan kejahatan.
  4. Transaksi praktis via gadget yang dimiliki tanpa harus menggunakan kartu apa pun.

Jenis Pembayayan Online pada Platform E-learning

Jadi sistem pembayaran apa sajakah yang ada pada E-Learning? Ada beberapa sistem pembayaran yang dapat dilakukan pada E-Learning, sistem pembayaran itu adalah:

  1. Transaksi Melalui Rekening
    Transaksi ini gemar digunakan masyarakat karena hampir semua orang menggunakan transaksi ini. Selain itu, transaksi melalui rekening memiliki 3 bentuk opsi yang dapat dipilih yaitu Internet Banking, ATM, dan Mobile Banking. Jadi seseorang dapat memilih dari ketiga bentuk sistem pembayaran ini. Untuk pembayaran melalui Internet Banking, biasanya dapat dilakukan melalui website bank tersebut. Jika, menggunakan ATM makanya seseorang harus pergi ke mesin ATM terdekat untuk melakukan pembayaran. Kemudian jika menggunakan Mobile Banking, transaksi dapat dilakukan melalui gadget yang dimiliki dengan aplikasi banking dari bank yang dipilih.
  1. Menggunakan Kartu Kredit
    Kartu Kredit juga memiliki sistem pembayaran online dengan cara memasukkan nomor dan nilai harga produk yang akan dibeli, lalu mengisi daftar diri Anda secara lengkap sesuai dengan data pada kartu kredit yang digunakan. Tetapi kelemahan menggunakan kartu kredit adalah tidak semua E-Learning menawarkan metode ini, karena sistem pembayaran ini lebih cocok digunakan pada saat seseorang berbelanja barang – barang atau jasa lainnya. 
  1. E-Wallet
    E-Wallet adalah dompet elektronik yang dapat digunakan dalam transaksi online yang biasanya berupa aplikasi atau layanan jasa yang mampu menyimpan uang digital. Contohnya seperti Go-Pay, OVO, DANA, LinkAja dan lain – lain. Salah satu keunggulan utama E-Wallet adalah seseorang dapat menghindari uang palsu yang digunakan dalam tindakan kejahatan. Sedangkan kelemahan menggunakan E-Wallet adalah uang yang sudah dimasukan ke dalam E-Wallet tidak dapat dikembalikan menjadi uang fisik. Walaupun memiliki kelemahan, E-Wallet masih sering digunakan dan seiring waktu akan semakin populer juga dikalangan pedagang dan E-learning platform. 

Jadi, Inilah beberapa sistem pembayaran yang biasanya terdapat pada E-Learning. Perlu diketahui juga dalam setiap E-Learning tidak semua memiliki sistem pembayaran yang sama. Mungkin saja suatu E-Learning hanya memiliki satu atau dua jenis sistem pembayaran. 

Selain itu, sistem pembayaran online di E-Learning memiliki keuntungan lainnya, seperti mempermudah peserta membeli pelatihan yang diinginkan. Pemilik konten E-Learning juga lebih mudah menjual kontennya, karena transaksi jadi otomatis, cepat, dan mengurangi pekerjaan administratif.   

Salah satu cara mudah memasang sistem pembayaran online pada platform E-learning Anda adalah dengan menggunakan plugin. Hubungi kami untuk penjelasan selengkapnya mengenai pemasangan portal pembayaran online.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x