Pentingnya Training Report bagi Perusahaan dan Karyawan

Training Report

Seringkali Training Report dilupakan karena pelaksana training merasa sudah cukup dengan evaluasi yang dilakukan pada saat pelaksanaan training berlangsung. Padahal banyak informasi yang bisa didapatkan dari hasil Training Report sebagai modal untuk bisa memperbaiki kekurangan, khususnya pada saat pelaksanaan training. Training Report sangat penting bagi karyawan dan juga bagi perusahaan. Berikut penjelasan lebih detailnya:

Training Report Menjadi Penting bagi Karyawan

Semua karyawan pasti akan merasakan fase penilaian, mulai dari proses rekrutmen, probation hingga pada saat mereka mendapatkan penawaran jenjang karier. Penting bagi karyawan untuk mengetahui sejauh mana performa kerjanya. Biasanya Human Resource atau Learning & Development akan mengambil andil pada seluruh tahapan tersebut dengan memberikan hasil penilaian yang akurat melalui Training Report. Berikut 3 hal penting untuk karyawan dengan adanya Training Report :

  1. Self-Evaluation
    Mengevaluasi diri sendiri akan membuat karyawan mengeksplorasi dan mengevaluasi pekerjaan yang telah mereka kerjakan sendiri. Melalui Training Report, karyawan mampu melakukan self-evaluation guna melihat tingkat keberhasilannya baik secara individu maupun team. Hal ini dapat mendorong karyawan untuk meningkatkan kinerja nya agar mencapai KPI yang sudah disepakati.
  1. Merasakan Transparansi
    Transparansi akan suatu keputusan yang diambil oleh suatu perusahaan akan membentuk rasa percaya dan terjalinnya hubungan yang positif antar sesama anggota tim. Jika karyawan tidak merasakan transparansi, maka mereka akan melakukan pencarian informasinya sendiri. Tentu hal ini bukanlah hal yang baik. Meskipun demikian, Training Report yang disajikan harus memiliki batasan mana yang sifatnya umum dan yang sifatnya confidential
  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
    Rasa percaya didasari oleh sejauh mana ia menilai diri sendiri dibandingkan dengan tolak ukur tertentu. Apabila karyawan mengalami masalah krisis kepercayaan diri bisa membuat karyawan tersebut cenderung mengucilkan diri dan takut menerima tugas kerja yang baru. Hal ini tentunya akan menghambat karir. Sehingga penting untuk menunjukkan hasil dari Training Report agar mencegah terjadinya masalah tersebut. Baca selengkapnya disini.

Training Report Menjadi Penting bagi Perusahaan

Selain penting untuk karyawan, Training Report juga tidak kalah penting untuk perusahaan. Mengingat perlunya penilaian yang terukur dan objektif. Hal ini juga bisa menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan pada setiap level karyawan. Berikut 3 hal penting untuk perusahaan dengan adanya Training Report :

  1. Memahami Performa Kinerja Karyawan
    Perusahaan harus memahami seperti apa performa kinerja masing-masing karyawan. Hal ini bertujuan untuk memastikan karyawan mengetahui tujuan perusahaan yang harus dicapai. Oleh karena itu, penilaian kinerja menjadi hal yang krusial untuk mengetahui aspek mana yang butuh dikembangkan atau diketahui. Jika tidak memiliki Training Report yang jelas, maka memungkinkan terjadinya penilaian secara subjektif.
  1. Persiapan Karyawan untuk Promosi
    Promosi jabatan merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan motivasi karyawan agar meningkatkan produktivitas kerjanya. Tentunya pihak manajemen harus mengetahui siapa saja karyawan yang layak untuk mendapatkan promosi tersebut. Maka diperlukan pengawasan dan evaluasi terkait dengan aktivitas karyawan. Kemudahan dalam pengawasan tersebut bisa didapatkan melalui Training Report.
  1. Menyusun Kegiatan Lanjutan
    Penyusunan kegiatan lanjutan perlu dilakukan berdasarkan hasil dari kegiatan sebelumnya. Diperlukan Training Report untuk meninjau kembali hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dilengkapi pada kegiatan selanjutnya. Sehingga mempermudah perusahaan untuk menentukan spesifikasi kebutuhan karyawan pada setiap divisi atau level yang ada pada perusahaan tersebut.

Faktanya, masih banyak perusahaan yang masih mengevaluasi pelatihan karyawannya secara konvensional, dan belum memanfaatkan digitalisasi.  Padahal selain dari hal-hal penting yang sudah dijelaskan di atas, digitalisasi Training Report sudah pasti akan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Lebih spesifik, tugas ini menjadi tugas buat HR dalam memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang.

Ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan, termasuk melalui layanan Plugin Personal Report dimana HR akan menerima laporan hasil pelatihan dari setiap peserta secara otomatis. . Kustomisasi menjadi sangat mungkin untuk dilakukan karena pada layanan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.. Dengan begitu, seluruh karyawan merasakan dampak positif dari transformasi digital ini. Jadi untuk Smart Learner, tidak ada lagi alasan untuk tidak memulai merasakan kemudahan tersebut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x