Digital Alter Ego, Dimana Ruanganmu Hanya Sebatas Green Screen

Digital Alter Ego, Dimana Ruanganmu Hanya Sebatas Green Screen

A: Hai bro, gue meetingnya sambil nyetir ya

B: Wih keren bro, serius nih, tampilan zoom lu kok beda sendiri?

Begitulah kira-kira komunikasi ala-ala karyawan zaman sekarang. Meskipun dalam keadaan stress, setiap pribadi manusia membutuhkan humor dan refreshing yang menyenangkan meskipun itu itu hanya sebatas di dalam rumah.

Masih berkaitan dengan 5 Potensi Bisnis Baru pada Masa Pandemi COVID-19, 2 diantaranya kita akan bahas karena berhubungan dengan kebutuhan penghilang stress dan teknologi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya video conference.

Digital alter ego sebenarnya adalah istilah baru dengan meminjam istilah yang ada yaitu alter ego, dimana setiap manusia mempunyai kepribadian yang berbeda namun mewakili kepribadian asli. Tapi digital alter ego lebih kepada bagaimana manusia dapat memperlihatkan kepribadian yang berbeda dengan akses kedalam digital seperti media sosial dan sejenisnya.

Lalu apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 ini? Karena keterbatasan tempat untuk memperlihatkan suatu hal baru, seperti busana, fashion, gadget, tempat hiburan dan lainnya, membuat orang tersebut mencari alternatif dunia digital semu tapi menarik. 

Bagaimana mereka dapat menciptakan suasana baru, dapat diperhatikan oleh orang lain secara langsung dan tidak keluar dari rumah adalah tantangan tersendiri. Hal ini yang mendasari orang melakukan inovasi kecil dan menyenangkan

Anda bisa perhatikan setiap kali anda melakukan virtual meeting. Beberapa orang berusaha mengganti background videonya, baik karena alasan privasi atau alasan pamer. Tapi sayangnya background tersebut masih bersifat standar, seperti gambar angkasa, jembatan San Francisco, video pantai dan sebagainya. Ada beberapa orang yang mulai menyadari pentingnya background lalu mulai mengganti dengan suasana kantor sendiri, gambar brand perusahaan, bahkan rumah impian meski hanya hayalan saja.

Balik ke cerita pertama, anda bayangkan kalau rekan kerja anda melihat anda sedang naik mobil sambil video conference. Hal itu membuat kesan pertama menjadi lebih cair, komunikasi lebih lancar. Bahkan anda secara tidak langsung sudah menerapkan digital alter ego. Kepuasan kecil dikala #workfromhome bukan?

Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Like and share artikel ini lalu nantikan pada artikel selanjutnya.

2 komentar untuk “Digital Alter Ego, Dimana Ruanganmu Hanya Sebatas Green Screen”

  1. Hy Sunedu Admin, saya sangat tertarik dengan konsep digital alter ego untuk proposal saya dalam keadaan pandemic ini. Apabila anda berkenan, bisakah anda membalas email saya? Can’t wait your next post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *