Blog - LMS Key Features

LMS: Key Technical Requirement & Nice to Have Features

Salah satu pertimbangan untuk investasi software LMS adalah seberapa besar dampak positif yang akan dihasilkan. Meningkatkan kepuasaan pembelajaran karyawan, meningkatkan motivasi bekerja hingga meningkatkan kinerja karyawan merupakan contoh indikator keberhasilan sebuah LMS. Untuk itu, terdapat 7 key technical requirements dalam pemilihan LMS, yakni konten, support, user management, learning models, reporting, security, dan integrasi

NoKeyKeterangan
1.KontenTipe konten seperti apa yang sudah dimiliki? Tipe konten apa yang akan dikembangkan? Apakah SCORM, PDF, video, atau audio?
2.SupportKetika Anda membutuhkan LMS yang sesuai untuk perusahaan Anda, penting agar Anda mengenal betul bagaimana support service dari layanan yang akan digunakan. Ketika Anda sudah memiliki daftar LMS provider, cobalah untuk menghubungi untuk mengecek seberapa sigap support service-nya.
3.User ManagementBagian ini tergantung dari seberapa banyak karyawan yang akan di training. Untuk melakukan registrasi, apakah trainee mendaftarkan dirinya sendiri atau didaftarkan oleh admin? Berapa banyak admin yang dibutuhkan perusahaan?
4.Learning ModelsApakah training akan dilakukan secara online saja ataukah menggunakan blended learning? Apakah software LMS dapat digunakan untuk planning waktu, lokasi training, dan juga notifikasi email untuk trainer dan trainee
5.ReportingLihatlah kembali goal yang akan Anda capai setelah melakukan training pada karyawan. Bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan training? Poin apa saja yang menjadi standar suksesnya training? Apakah Anda lebih tertarik untuk melakukan individual reporting atau group reporting? Apakah Anda butuh customized report?
6.SecurityKeamanan LMS sangat penting untuk mencegah akses dari orang luar dan menggandakan konten tanpa izin.
7.IntegrasiIntegrasi LMS dengan HRIS perusahaan Anda sangat penting untuk mencegah adanya ketidaksamaan data dan proses penyamaan data yang berulang-ulang.

Ketujuh poin di atas merupakan syarat minimal untuk suatu LMS bekerja dengan baik. Anda dapat menjadikannya sebagai acuan dalam memilih LMS yang ditawarkan. Kemudian, terdapat fitur tambahan dalam LMS yang memaksimalkan training. Adapun beberapa fitur tersebut adalah:

No.FiturKeterangan
1.Social learningPembelajaran dalam grup seperti pembuatan projek, diskusi kelompok dan workshop dapat membuat materi lebih relevan dengan peserta dan juga membantu meningkatkan rasa kebersamaan antar peserta training.
2.Talent managementPeserta training dapat mengetahui training apa saja yang wajib diikuti dan sesuai dengan posisi dan divisinya masing-masing. Sehingga training lebih terarah dan peserta memiliki tujuan yang jelas.
3.Mobile learningTraining dapat diakses dengan smartphone untuk meningkatkan aksesibilitas serta memudahkan akses materi dimanapun dan kapanpun.
4.E-commerceKemampuan untuk mengkomersialisasi atau menjual course yang telah dibuat.
5.White labelingPenggunaan domain dengan nama perusahaan sendiri, logo dan warna tema yang sesuai dengan perusahaan.
6.GamificationLadder board untuk menunjukan karyawan mana yang menempati posisi atas dari training untuk memotivasi karyawan dan mendapatkan reward tertentu.
7.CertificateKemampuan membuat sertifikat dan memperbolehkan otomatis download jika training sudah selesai.

Fitur tambahan tersebut biasanya dijual secara terpisah atau membutuhkan keahlian khusus untuk menggunakannya. Anda tidak harus memiliki semua fiturnya, namun Anda bisa memilih fitur mana saja yang dibutuhkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *