Mulai dari Sekarang! Persiapan Pasca Corona

Mulai dari Sekarang! Persiapan Pasca Corona

Pandemi COVID-19 kali ini telah merugikan banyak pihak di seluruh dunia dan membuat perputaran ekonomi dunia terhambat. Banyak perusahaan tidak mendapatkan pemasukan saat pandemi berlangsung, apalagi dengan kebijakan work from home membuat produktivitas karyawan menurun.

Lalu bagaimana jika pandemi COVID-19 sudah berlalu? Akankah operasional perusahaan kembali normal?

Sayangnya, proses normalisasi ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berbagai penyesuaian perlu dilakukan berdasarkan kondisi yang ada.

Sebagai karyawan, apa yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan perubahan ini?

Berikut adalah 6 hal yang perlu anda persiapkan pasca pandemi

  1. Jalin Networking Online

Networking adalah senjata ampuh untuk mendapatkan informasi dan berbagi pengalaman. Anda mungkin akan mendapatkan pengalaman serupa dengan orang lain dan dapat bertukar pikiran. Bagi anda yang hendak mencari pekerjaan, anda dapat direferensikan ke perusahaan melalui networking anda.

Pertahankan hubungan baik di media sosial seperti LinkedIn dan Facebook. Kedua platform ini menawarkan berbagai pilihan grup profesi. Baca postingan anggota grup dan berikan komentar tentang opini anda, dengan begitu anda dapat berinteraksi dengan lebih banyak orang.

Perhatikan juga penulisan, baik di postingan anda sendiri maupun komentar di postingan orang lain. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan tidak banyak singkatan. Perhatikan juga penyusunan kalimat agar terdengar friendly namun tetap profesional.

  1. Bersiap untuk First Impression Kedua

Setelah pandemi selesai, orang akan kembali bertemu setelah sekian lama. Ini menjadi momen untuk memberikan first impression kedua. Ada baiknya anda merapikan rambut sebelum bertemu dengan orang lain. Perhatikan juga pakaian yang anda kenakan, jangan sampai anda memakai pakaian kusut karena lama disimpan dalam lemari.

Periksa dan persiapkan pakaian anda beberapa hari sebelum kembali ke kantor. Mungkin anda dapat terinspirasi untuk mix and match baju lama anda agar terlihat baru dan tetap sesuai fashion. Anda juga sebaiknya tetap menjaga pola hidup sehat untuk menjaga bentuk tubuh dan tetap fit.

  1. Renungkan Kembali Kemampuan Anda

Proses bisnis yang melambat dapat anda manfaatkan untuk merenungkan kembali kemampuan dan posisi anda di perusahaan.

Kemampuan apa yang sudah anda miliki dan terapkan dengan baik?

Kemampuan apa yang masih perlu dikembangkan?

Bagaimana perbedaan kemampuan dan produktivitas saya dibandingkan dengan rekan kerja?

Kemampuan apa yang bisa saya pelajari untuk membantu perusahaan?

  1. Tingkatkan Kemampuan Anda

Setelah merenung, anda dapat meningkatkan kemampuan anda atau belajar kemampuan baru lewat online learning. Saat ini banyak penyedia jasa online learning untuk berbagai bidang. Ambilah kelas yang memberikan sertifikat setelah anda selesai mengikutinya. Sertifikat ini berguna sebagai kredibilitas anda dalam kemampuan tersebut.

Saat ini telah berkembang berbagai jenis online learning, dan yang terbaru adalah Microlearning. Jenis pembelajaran ini menerapkan waktu belajar kurang dari 5 menit sehari namun dilakukan secara terus-menerus. Dengan visual yang menarik dan engaging, anda dapat menyerap materi lebih baik. Sunedu adalah satu-satunya online learning yang menyediakan Microlearning ini. Telusuri website kami untuk mengetahui lebih lanjut. 

  1. Tetapkan Durasi dan Waktu Belajar

Bekerja dari rumah mungkin membuat anda lebih fleksibel dalam mengatur waktu. Namun jika tidak diatur dengan baik, anda dapat menghabiskan waktu dengan aktivitas yang tidak produktif. Ada baiknya jika anda membuat kebiasaan baik selama di rumah untuk meningkatkan produktivitas.

Setelah menentukan kemampuan yang ingin anda pelajari, tetapkan berapa lama anda akan mempelajarinya hingga selesai setiap harinya. Kemudian tetapkan jam berapa anda akan mulai mempelajarinya. Carilah waktu yang tidak berdekatan dengan jadwal kerja anda. Hal ini berguna agar anda tetap fokus belajar dan tidak terburu-buru. Anda juga dapat mengistirahatkan pikiran diantara aktivitas tersebut.

Jadwal belajar anda sebaiknya dilakukan terus menerus agar menjadi kebiasaan. Menurut penelitian, dibutuhkan sekitar 66 hari untuk membentuk pola kebiasaan baru. Bekerja dari rumah dapat menjadi langkah awal yang tepat untuk mulai menerapkan kebiasaan belajar.

  1. Latih Kemampuan Komunikasi Jarak Jauh

Tidak dapat dipungkiri bahwa COVID-19 memaksa karyawan untuk menggunakan teknologi komunikasi jarak jauh seperti Video Conference agar tetap bisa bekerja. Hal ini juga memungkinkan semakin banyak perusahaan yang mengadaptasi cara ini pasca COVID-19.

Agar terlihat lebih profesional, anda dapat berlatih mencari tau cara kerja kamera dan microphone untuk Video Conference, menemukan sudut kamera yang pas hingga berlatih berbicara di depan kamera. Anda juga bisa mencari tempat yang nyaman dan tenang.

COVID-19 memang memberikan banyak dampak negatif, namun untuk mengubahnya menjadi kesempatan untuk berkembang adalah pilihan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *