“THE New Normal” Prediksi 5 Bisnis Baru yang Akan Meroket Setelah Pandemi COVID-19

“THE NEW NORMAL” PREDIKSI 5 BISNIS BARU YANG AKAN MEROKET SETELAH PANDEMI COVID-19

Materi ini disadur dan ditulis ulang dari Board of Innovation 

Para pakar banyak memprediksikan “Normal Baru” yang akan banyak berubah karena munculnya kebiasaan baru dari pandemi COVID-19 ini. 

Setelah bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah, kebiasaan baru muncul sebagai bagian pekerjaan yang dikerjakan dengan terus menerus dan waktu lebih dari sebulan ini.

Berikut adalah 5 bisnis baru yang diprediksi akan meroket setelah pandemi COVID-19.

  1. Kebutuhan akan akses teknologi (internet, komputer, audio, video)  

Tidak bisa dipungkiri lagi, kebiasaan bekerja dari rumah sudah menjadi normal yang baru. Yang awalnya orang sulit bekerja dari rumah, sekarang sudah mulai terbiasa. Awalnya sulit untuk menggunakan teknologi, saat ini sudah mulai belajar menggunakan teknologi. Terdapat kenaikan kebutuhan atas teknologi, seperti laptop, karena digunakan oleh orang tua serta anak secara bersamaan. Internet 24 jam yang tidak tergantung kuota menjadi kewajiban untuk tetap bisa bekerja tanpa gangguan. Perlengkapan video dan audio yang memadai menciptakan kebutuhan baru yang mengurangi kebutuhan pakaian yang rapi karena tidak terlihat secara fisik. Bisnis penjualan laptop, penyewaan broadband internet, pembelian aksesoris komputer untuk video conference diprediksi meningkat.

  1. E-commerce khususnya makanan (healthy food & frozen food) beserta logistiknya

Masa pandemik ini yang membuat orang susah untuk membeli kebutuhan pokok secara langsung, khususnya makanan. E-commerce menjadi salah satu solusi untuk tetap membeli kebutuhan tanpa keluar rumah. Perubahan kebiasaan pun terlihat dari jenis makanan yang beli. Kini orang-orang lebih memilih bahan makanan yang dapat disimpan lama dan lebih memilih membuat makanan sehat dan bergizi. Hal ini didukung dengan peningkatan permintaan logistik untuk mengirim barang-barang belanjaan.

  1. Kebutuhan akses kesehatan berbasiskan online

Ketika orang sudah mengetahui nyamannya menggunakan aplikasi untuk berbicara langsung kepada dokter, keinginan untuk ke rumah sakit akan semakin sedikit. Apalagi dengan kekhawatiran tinggi penularan virus corona, akan membuat orang mengandalkan online untuk berbicara langsung dengan dokternya.

Selain itu, obat dapat dikirimkan dengan logistik sehingga tidak perlu bepergian langsung. Semua yang yang berhubungan dengan bisnis kesehatan yang dapat diakses secara online, akan semakin tinggi tingkat penjualannya. 

  1. Hiburan seperti games online dan bisnis hewan peliharaan

Tingkat stress karena tidak melihat dunia luar akan membuat orang berpikir untuk menciptakan kesenangan baru yang lebih sehat dan lebih mudah. Bermain games online menjadi salah satu alternatif bagi kaum generasi muda yang sudah mengenal teknologi baru seperti Virtual Reality. Bagi generasi senior yang tidak menyukai games, mereka akan memelihara hewan peliharaan yang tidak terlalu sulit dijaga dan cukup menyenangkan untuk dipelihara di dalam rumah. Bisnis kebutuhan hewan peliharaan atau grooming akan semakin tinggi

  1. Bimbingan belajar “apapun” berbasiskan online 

Tidak bisa dipungkiri, belajar dari rumah menjadi bagian yang paling sulit diadaptasi oleh siswa, sekolah, maupun orang tua. Para siswa sudah tidak bisa lagi belajar dengan model diperintah (berbasiskan kurikulum), mereka semua lebih senang mengakses pelajaran apa saja yang mereka sukai dengan bebas. Mereka dapat mencari sendiri materi yang mereka inginkan tanpa harus dikekang oleh kurikulum sekolah. Bukan hanya siswa, para orang tua semua sekarang menjadi manusia yang sadar akan pentingnya kualitas pendidikan di masa sulit. Orang tua memperbolehkan anaknya belajar “apapun” yang mereka sukai dan bebas memilih portal apapun selama dapat diakses secara online. Akibatnya banyak penyedia jasa bimbingan belajar juga perlu bertransformasi menjadi online, baik yang berhubungan dengan mata pelajaran sekolah maupun tidak. Sebagai contoh, saat ini salah satu gerai fitness terkenal di Indonesia sudah menerapkan instruksi olahraga online yang dapat disaksikan secara live melalui media sosial.

Dari 5 bisnis yang diprediksi akan meroket ini, anda sekarang ada diposisi mana? Apa keunggulan pribadi anda? Sudah siapkah anda melakukan transformasi? Beranikah anda berubah?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *