Menjadi Digital Nomad di Era Modern? Mungkin atau Tidak?

Menjadi Digital Nomad di Era Modern? Mungkin atau Tidak?

Pernahkah anda terbayang dapat bekerja dari mana saja dengan waktu yang anda tentukan sendiri? Tidak lagi pusing dengan kemacetan demi mengejar jam masuk kerja, dapat berpindah tempat kerja tergantung mood, namun tetap memiliki penghasilan yang cukup untuk segala kebutuhan; sepertinya dapat menjadi mimpi banyak orang.

Digital Nomad

Dengan perkembangan teknologi dan pengaruh New Normal saat ini, hal tersebut mungkin untuk dilakukan. Bahkan, banyak orang sudah lebih dulu melakukannya. Mereka disebut dengan Digital Nomad, yaitu seseorang yang menghasilkan uang melalui teknologi sambil melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Biasanya mereka bekerja di tempat dengan koneksi internet bagus seperti cafe atau co-working space dan mengandalkan laptop dan smartphone. Menurut MBO Partners, sudah ada 4,8 juta digital nomad dan 17 juta orang ingin menjadi digital nomad.

Bidang pekerjaan digital nomad didominasi oleh industri kreatif, IT dan marketing. Tercatat 18% digital nomad menghasilkan $100.000 (sekitar Rp1,48 miliar) per tahun dan 22% lainnya menghasilkan $50.000 – $99.999 (sekitar Rp742 juta – Rp1,48 miliar) per tahun.

Pekerjaan ini mengharuskan anda fasih berbahasa Inggris, setidaknya dalam membaca dan menulis. Dengan begitu semakin banyak projek yang anda dapatkan dengan bayaran tinggi, tidak dipungkiri juga anda dapat dibayar dengan Dollar Amerika.

Beberapa website yang menyediakan lowongan kerja sebagai digital nomad adalah weworkremotely.com, remote.co dan fiverr.com.

Persiapan Sebelum Menjadi Digital Nomad

  1. Singkirkan Pengeluaran yang Tidak Penting

Tuliskan pengeluaran anda saat ini dan singkirkan pengeluaran yang tidak penting sebagai digital nomad. Contohnya membership gym tidak dapat digunakan jika anda berpindah-pindah tempat. Hal ini juga berguna untuk menghemat pengeluaran anda jika sedang tidak ada pemasukan dan membuat anda lebih tenang saat melakukan perjalanan.

  1. Persiapkan Pemasukan Tambahan Sebagai Cadangan

Sebagai digital nomad baru, ada kalanya anda tidak mendapatkan projek untuk beberapa waktu. Anda juga tidak bisa bergantung kepada orang lain terus-menerus. Persiapkan pemasukan cadangan seperti menjual barang yang tidak diperlukan, jual atau sewakan rumah anda dan miliki tabungan sebanyak-banyaknya.

  1. Dapatkan Asuransi Perjalanan

Perjalan ke berbagai tempat tidak selalu menyenangkan. Anda dapat sakit, mengalami keadaan darurat atau peristiwa negatif lainnya. Anda juga memerlukan check up regular dan imunisasi untuk di beberapa tempat. Karena itu, penting untuk memiliki asuransi perjalan yang dapat digunakan diberbagai negara.

  1. Miliki Kartu Debit/Kredit Internasional

Kartu debit/kredit berbasiskan Mastercard atau Visa dapat mempermudah transaksi anda di berbagai negara dengan biaya yang murah. Ada baiknya anda mendaftar credit monitoring service untuk mencegah orang lain mencuri informasi kartu anda.

  1. Unlock Smartphone Anda

Agar dapat menggunakan SIM Card dari berbagai negara, smartphone anda harus ter-unlock. Hubungi customer service merk smartphone anda untuk meminta unlock smartphone anda. Dengan begitu komunikasi dengan saudara dan teman tetap lancar.

Setelah siap menjadi digital nomad, kini anda tinggal mencari pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja. Pekerjaan yang akan dibahas adalah Writer, Programmer dan SEO Expert.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *