Sampai Kapan Indonesia Masih Harus Berjuang Melawan COVID-19 ?

Sampai Kapan Indonesia Masih Harus Berjuang Melawan COVID-19?

Saat ini, pandemi Covid-19 ini telah menyebabkan guncangan perekonomian di lebih dari 187 negara dan lebih dari 3 juta orang. Pemerintah Indonesia sendiri menyatakan bahwa masih ada penularan Covid-19 di Indonesia yang menyebabkan kasus kian bertambah dan jumlah kasus meninggal pun semakin banyak.

Seminggu terakhir ini, prediksi terkait selesainya Covid-19 di Indonesia kerap bermunculan di media massa. Prediksi tersebut bervariasi, ada yang mengatakan bahwa Corona akan berakhir di akhir Mei, Juni, dan ada pula yang mengatakan bahwa Covid-19 akan berakhir paling cepat di penghujung tahun 2020.

1.      Akhir Mei 2020

Menurut penelitian oleh pakar statistika Universitas Gajah Mada (UGM), Covid-19 di Indonesia akan berakhir pada tanggal 29 Mei 2020. Penelitian menggunakan data-driven model ini dilakukan oleh Guru Besar Statistika UGM, Prof. dr. rer. nat. Dedi Rosadi, S.Si., M.Sc. dan dibantu oleh Dedi, Heribertus Joko, dan Dr. Fidelis I Diponegoro.

Prediksi bahwa pandemi akan selesai pada akhir Mei tersebut bisa berjalan jika ada intervensi ketat pemerintah seperti partial lockdown, pemberhentian mudik, dan pemberhentian kegiatan seperti salat tarawih di masjid selama bulan Ramadhan.

2.      Awal Juni 2020

Dalam penelitian yang dikerjakan oleh Singapore University of Technology and Design (SUTD), didapatkan hasil yang menyebutkan bahwa 97% kasus Covid-19 di Indonesia akan selesai sekitar tanggal 6 Juni 2020 nanti, dan diperkirakan 100% kasus akan selesai pada 5 September 2020.  Sedangkan 100% kasus di dunia diperkirakan akan selesai sekitar 8 Desember 2020.

Grafik Perkiraan Berakhirnya Covid-19 di Indonesia per 3 Mei 2020 (Sumber: SUTD)

Prediksi ini dibuat menggunakan data-driven innovation, sebuah teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) berbasis pemodelan matematika menggunakan data SIR (susceptible-infected-recovered).

Mengutip dari CNBC, SUTD mengatkan: “Prediksi pada dasarnya tidak pasti. Pembaca harus mengambil prediksi apa pun dengan hati-hati. Terlalu optimisme berdasarkan perkiraan tanggal akhir berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan seharusnya dihindari,”

3.      Akhir Tahun 2020

Presiden Indonesia Joko Widodo yakin bahwa wabah Covid-19 di Indonesia akan berakhir pada akhir tahun 2020. Keyakinan ini diungkapkan Jokowi saat memimpin rapat terbatas “Mitigasi Dampak Covid-19 terhadap Pariwisata” lewat video conference pada Kamis, 16 April 2020 kemarin. 

Berdasarkan data terkini, kasus sembuh Covid-19 di Indonesia setiap harinya mengalami peningkatan. Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Prof. dr. Ascobat Gani, MPH, DrPH, menjelaskan wabah Covid-19 baru bisa dikatakan menurun atau selesai jika laporan kasus positif lebih sedikit dibandingkan kasus sembuh. Menurunnya kasus Covid-19 juga tidak bisa terjadi secara mendadak, melainkan turun secara perlahan.

Per Senin, 4 Mei 2020, Indonesia mencatat kurang lebih 11.200 kasus Covid-19, dengan 1.900 pasien meninggal dan 850 sembuh. Jumlah kasus sembuh masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kasus positif. Walaupun beberapa ahli sudah memperkirakan berakhirnya Covid-19 di Indonesia, perkiraan itu hanya bisa terwujud jika masyarakat juga mau bekerja sama dalam mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *