SEO 101: Hierarki Cara Kerja SEO Berdasarkan Kebutuhan

SEO 101: Hierarki Cara Kerja SEO Berdasarkan Kebutuhan

Digital Nomad adalah istilah yang akhir-akhir ini sedang populer dan sering digunakan bagi orang-orang yang bekerja secara remote kapan saja dan di mana saja. Jenis profesi yang unik ini juga tidak hanya terbatas dalam satu bidang saja. Selain writer dan programmer, bagi anda yang bekerja dalam bidang bisnis dan marketing, metode kerja ini juga sangat bisa untuk dicoba dan diterapkan.

Salah satu profesi digital nomad untuk bidang marketing adalah SEO. Sebagai pemilik bisnis atau bekerja di bidang bisnis dan marketing, memahami dasar tentang SEO adalah hal yang perlu dimiliki. Search Engine Optimization (SEO) adalah proses membuat suatu website mudah dicari oleh search engine menurut kata kunci tertentu. Saat ini search engine paling populer adalah Google, sehingga banyak SEO Expert yang telah mempelajari algoritma Google untuk membuat suatu website menempati hasil pencarian paling atas. Tujuannya adalah membuat website dikunjungi banyak orang yang mencari produk yang ditawarkan. Dengan menempati posisi atas pada hasil pencarian di Google, semakin mudah website dikunjungi banyak orang.

Untuk memahami cara kerja SEO, anda perlu memahami bagan berikut ini.

Hierarki Kebutuhan SEO

Sumber: https://moz.com/beginners-guide-to-seo

Hierarchy ini dibuat untuk menjelaskan kebutuhan SEO dari bawah ke atas.

Crawl Accessibility

Diperlukan untuk memberitahu Google mengenai struktur website anda. Hal ini diperlukan untuk mempermudah Google untuk menemukan semua page website anda. Untuk mengaktifkannya, diperlukan XML Sitemap dan Google Search Console. Sitemap dapat dibuat melalui aplikasi Screaming Frog. Jika anda memiliki website berbasiskan WordPress, plugin Yoast SEO dan Rank Math dapat menjadi alternatif.

Compelling Content

Konten dalam website harus bersifat informatif agar dapat menjawab kebutuhan user. Tidak hanya menampilkan produk yang dijual saja, website juga perlu menjabarkan produk dengan detail. Jika perlu, website dapat memiliki page khusus yang berisi penjelasan khusus mengenai produk yang dijualnya.

Keyword Optimized

Keyword atau kata kunci berguna untuk meningkatkan relevansi konten website dengan pencarian di Google. Semakin mirip kata kunci yang digunakan, semakin tinggi penempatan website di hasil pencarian Google. Contoh jika seseorang memasukan kata “sepatu hitam” maka website dengan kata kunci “sepatu hitam” akan muncul di paling atas. Diperlukan riset untuk mengoptimasi kata kunci yang sesuai dan menyusunnya menjadi kalimat yang mudah dibaca dan informatif.

Great User Experience

Hal ini berhubungan dengan pengalaman user saat mengunjungi website. Website yang memberikan pengalaman baik memiliki waktu loading yang sebentar, tampilan yang menarik dan mudah digunakan di berbagai perangkat. Hal ini berhubungan dengan lamanya user singgah di website. Jika user berada lama di website, Google akan memberikan penilaian bagus dan membuat website berada di posisi atas dari hasil pencarian.

Share-Worthy Content

Membuat konten yang bermanfaat mengundang user untuk membagikan konten, memberikan komentar dan mensitasi konten kita. Hal ini berguna untuk menaikan engagement dan membuat website semakin berada di posisi atas pada hasil pencarian.

Title, URL & Description

Ketiga hal tersebut dibutuhkan sebagai tampilan di hasil pencarian. Judul dan deskripsi harus sesuai dengan kata kunci agar lebih optimal. Sementara URL adalah link yang ditampilkan menurut page website. Fitur ini biasanya hanya ada pada posisi tertinggi di hasil pencarian.

Snippet / Schema Markup

Skema adalah kumpulan kode yang dimasukan ke dalam website untuk membantu search engine mendapatkan hasil yang lebih informatif untuk user. Contohnya dalam artikel ini tertera tulisan Sunedu. Skema akan memberitahukan bahwa Sunedu adalah brand penerbit artikel ini. Untuk membuat skema yang baik, anda bisa menggunakan schema.org yang sudah di support oleh Google, Bing dan Yahoo.

Ketujuh bagian ini dapat anda pelajari lebih dalam di berbagai course online, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut. Contoh website yang membahas SEO dengan lengkap adalah neilpatel.com dan yoast.com.

SEO dapat menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan pemasaran produk anda, karena itu banyak perusahaan yang menyewa jasa SEO Expert. Karena pekerjaan ini berbasiskan laptop dan internet, anda dapat mengerjakannya sebagai digital nomad.

Masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai digital nomad. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *