SEO for Instagram – 6 Langkah Wajib Untuk Akun Instagram Bisnis

SEO for Instagram – 6 Langkah Wajib Untuk Akun Instagram Bisnis

Media sosial Instagram telah menjadi platform digital marketing yang ampuh untuk memasarkan produk anda. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, popularitas Instagram sudah melebihi media sosial lain seperti Twitter dan LinkedIn. Bahkan 80% akun Instagram merupakan akun bisnis. Hal ini membuat Instagram tidak diragukan lagi sebagai platform marketing dan branding yang efektif.

Untuk lebih memaksimalkan akun Instagram bisnis, anda dapat menerapkan prinsip SEO ke Instagram. Tujuannya mirip dengan SEO untuk website, yaitu memperluas jangkauan akun Instagram bisnis dan mendapatkan banyak pengguna yang mengunjungi akun anda.

Optimalkan Profil Instagram

Langkah pertama untuk memperluas jangkauan Instagram anda adalah dengan mengoptimalkan profil Instagram anda. Diperlukan penjelasan yang singkat dan jelas agar user segera memahami niche Instagram anda. Berikut ini adalah hal kecil yang dapat anda lakukan terlebih dulu:

  • Buat profil anda menjadi public
  • Pilih profile picture yang colorful dan sesuai dengan brand anda
  • Gunakan username yang mudah diingat
  • Daftarkan akun anda menjadi akun bisnis
  • Masukan link ke website anda di bio

Kelima langkah ini mudah dilakukan namun akan berdampak besar kedepannya. Sangat penting untuk memperkuat dasar dari brand anda di bagian profil.

Cantumkan Kata Kunci Utama di User Name dan Display Name

Seperti halnya Google, Instagram juga menggunakan kata kunci sebagai hasil pencarian. Agar akun anda muncul di hasil pencarian yang tepat, cantumkan kata kunci utama brand anda di user name atau display name. Contohnya jika kata kunci anda adalah “bakery”. Jika anda menggunakan kata “bakery” di user name dan display name, maka kemungkinan besar akun anda akan muncul saat seseorang mencari “bakery”.

Seperti pada contoh di atas, hasil pencarian 5 teratas adalah akun dengan kata kunci utama di user name dan display name. Kata kunci utama sebaiknya dapat mencakup seluruh produk anda. Tidak masalah jika anda ingin menggunakan user name yang unik. Kata kunci utama dapat ditempatkan di kata pertama display name anda agar hasilnya lebih optimal.

Gunakan Kata Kunci Pendukung di Bio

Kata kunci pendukung juga penting untuk memperluas jangkauan akun anda. Gunakan kata kunci pendukung di bio anda sebagai deskripsi brand atau produk.Sebagai contoh jika kata kunci utama anda adalah “bakery” maka kata kunci pendukung anda adalah “cake”, “bread” dan seterusnya. Perlu diingat jangan memasukan kata kunci terlalu banyak karena akan membuat deskripsi terdengar tidak natural. Deskripsi yang tidak natural dapat membingungkan pengguna dan membuat mereka enggan menelusuri akun anda. Akibatnya engagement akun berkurang dan ranking akun anda pun menurun. Masukan 2 hingga 3 kata kunci dan sandingkan dengan kata-kata pelengkap agar deskripsi terdengar natural.

Gunakan Caption Foto Sebagai Title Tags

Title tag adalah judul sebuah page atau website yang ditampilkan dalam hasil pencarian. Google akan otomatis membuat Title Tag berdasarkan data yang ada di konten anda, namun biasanya hasil yang didapatkan tidak natural dan sulit dibaca.

Untuk itu, berbagai aplikasi dibuat untuk membantu anda mengubah title tag agar hasilnya lebih mudah dibaca dan sesuai dengan brand anda. Sayangnya, aplikasi ini baru dibuat untuk website dan belum tersedia untuk Instagram. Namun, anda bisa mengakalinya dengan menempatkan title tag di sebelah user name anda.

Sumber: State of Digital

Contohnya pada gambar di atas, user name-nya adalah tenthousandcookies. Title tag yang akan muncul di Google adalah kalimat di sebelah kanan user name, yaitu “Happy National Chocolate Chip Cookie Day”. Ada baiknya anda selalu menulis kalimat pertama caption dengan kata kunci brand anda namun tetap mendeskripsikan postingan anda.

Manfaatkan Alt Text dengan Maksimal

Alt text adalah rangkaian kata-kata yang disematkan ke gambar atau video sebagai penjelasan. Alt text diciptakan agar search engine dapat menampilkan gambar dan video yang relevan. Untuk itu penulisan alt text yang tepat dan jelas sangat penting untuk mempermudah search engine menemukan gambar atau video anda. Instagram baru saja menambahkan fitur alt text di feed. Anda dapat menemukannya di “Advanced Setting” di halaman pengaturan caption.

 Fitur alt text ini membantu Instagram mengenali konten anda dan berpotensi lebih besar untuk muncul di bagian atas hasil pencarian.

Tulisan Kreatif dengan Fitur Lokasi

Instagram dapat menampilkan lokasi anda di bawah username saat anda memposting suatu konten. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa fitur ini tidak hanya dapat menampilkan lokasi saja. Anda dapat menampilkan kata kunci yang relevan dan kreatif untuk menarik perhatian followers anda. Berikut ini adalah contoh Joel Embiid memaksimalkan fitur lokasi dengan kata kunci kreatif dan menarik.

Keenam tips diatas dapat langsung anda praktekan, atau anda sudah pernah mempraktekan tips ini sebelumnya?

Sumber artikel:The Preview App, Hubpost, State of Digital

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *